Jumat, 06 Januari 2012

tips sehat mata

JANGAN SEPELEKAN GANGGUAN MATA


JANGAN SEPELEKAN GANGGUAN MATA - Kesehatan mata seringkali kurang diperhatikan dibanding kesehatan tubuh kita yang lain, padahal mata merupakan salah satu alat yang paling bermanfaat dalam organ tubuh kita. Nah sobat brur, berikut ini adalah 5 gangguan mata yang bila mana terjadi pada anda langsung periksakanlah ke dokter.

1. Floaters
Kadang-kadang terlihat bintik-bintik atau helai yang mengapung dalam penglihatan. Kondisi tersebut sering disebut floaters. Jika jumlahnya semakin banyak dan dalam waktu singkat atau disertai sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya, bisa jadi tanda ada robekan pada retina. Untuk itu, segera periksakan ke dokter.

2. Penglihatan tidak fokus
Penglihatan yang kabur atau tidak fokus dan disertai dengan rasa mual atau muntah, bisa menjadi tanda glukoma. Pemicu penyakit ini terlalu banyak tekanan di belakang mata karena penyumbatan. Jika cepat terdeteksi dapat segera diobati untuk mencegah kerusakan mata lebih parah atau kebutaan.

3. Gatal
Ketika mata terasa merah, gatal, berair dan berpasir, kemungkinan Anda mengalami infeksi, alergi atau iritasi. Jika mata mengalami infeksi, dibutuhkan perawatan dan pengobatan
tertentu. Akan lebih baik jika Anda memeriksakannya.

4. Kemerahan
Penyebab paling umum kemerahan adalah konjungtivitis atau peradangan di bagian putih mata atau sklera. Seringkali, disertai sulit terbukanya kelopak mata saat pagi hari.

Biasanya bisa diatasi dengan obat tetes mata. Tetapi jika tak kunjung sembuh bisa segera konsultasikan dengan dokter.

5. Berkabut
Penglihatan berkabut biasanya disebabkan oleh katarak. Pemicunya adalah pertambahan usia, tetapi faktor gaya hidup, seperti merokok, juga dapat meningkatkan risiko katarak.

Menghindari banyak terkena paparan sinar matahari adalah salah satu cara untuk mencegah katarak. Untuk menyembuhkannya dibutuhkan operasi khusus.

Nah, sobat brur bukankah menjaga itu lebih baik daripada mengobati bukan?! itulah tadi artikel yang membahas bahwa kita jangan sepelekan gangguan mata. Jangan lupa baca juga artikel tentang kesehatan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar